Apakah Menyusui dapat Melangsingkan Tubuh Seorang Ibu?

Kali ini topiknya agak random hehe. Oleh sebab saya sendiri belum pernah pengalaman. Tapi ternyata secara teori, menyusui dapat melangsingkan tubuh.

Untuk menghasilkan 100 cc ASI perlu energi sebanyak 80 hingga 90 kkal. Di negara berkembang, rata-rata per hari, seorang ibu menghasilkan 850 cc ASI dengan energi yang diperlukan untuk menghasilkannya sekitar 750 kkal. Darimana diperoleh energi sebesar ini? Sebesar 500 kkal dari kalori tambahan sementara 250 kkal sisanya dari cadangan kalori wanita (simpanan lemak selama hamil).

Bila si ibu menyusui buah hatinya selama 4 bulan berturut-turut saja, maka jumlah kalori yang hilang sebesar 30 hari x 4 bulan x 250 kkal atau sebesar 45.000 kkal. Jumlah ini setara dengan kehilangan 5 kg lemak (penyebab 'ndut) dalam tubuh (1 g lemak setara dengan 9 kkal). 

Efektivitas melangsingkan juga harus diimbangi gizi seimbang, aktivitas fisik, dan pemberian ASI eksklusif

Dalam teori lainnya, perangsangan puting susu oleh isapan bayi akan meningkatkan sekresi hormon oksitosin kedalam darah. Hormon ini yang berperan dalam kontraksi uterus dan timbunan lemak kembali ke ukuran sebelum hamil.

Pelangsingan ini akan efektif dengan beberapa syarat. Pertama, apabila didukung oleh aktivitas fisik lain (semisal olahraga). Kedua, menyusui dilakukan secara eksklusif. Kemudian apabila didukung dengan diet bergizi seimbang.

Sumber Informasi :
MB, Arisman. 2003. Gizi dalam Daur Kehidupan : Buku Ajar Ilmu Gizi. Penerbit Buku Kedokteran EGC : Jakarta.

Tim Ayah Bunda. Menyusui itu Melangsingkan. Diperoleh dari website https://www.ayahbunda.co.id/kelahiran-gizi-kesehatan/menyusui-itu-melangsingkan-

Tim Ayah Bunda. Belajar dari Kate Middleton. Diperoleh dari website https://www.ayahbunda.co.id/kelahiran-gizi-kesehatan/belajar-dari-kate-middleton

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Gula Pasir Dipanaskan Berubah Menjadi Cokelat?

Mengapa Santan Pecah Ketika Dipanaskan?

Apa Beda Susu Pasteurisasi dan Susu UHT?